Kumpulan Hadits Bukhari Tentang Iman

Kumpulan Hadits Bukhari Tentang Iman - di bawah akan ada sekitar 38 hadits bukhari tentang iman yang di ambil dari buku Ringkasan Shahih Al-Bukhari. saya hanya ingin berbagi mengenai apa yang saya baca. biasanya saya foto gambarnya dan di bawah nya ada terjemahan dari hadits tersebut


Sabda Nabi Muhammad Saw  : Islam di dasarkan pada 5 prinsip

8. Diriwayatkan dari Ibn 'Umar ra : Rasulullah saw pernah bersabda : bahwa islam di dasarkan pada 5 prinsip yaitu : 1 bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasulullah. 2 mendirikan sholat. 3 menunaikan zakat. 4 melaksanakan haji (zirah ke tanah suci mekkah). 5 puasa pada bulan Ramadhan.

 Perkara Iman

9. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra : Nabi Muhammad saw pernah bersabda : Iman meliputi lebih dari 60 cabang atau bagian. Dan al-haya' (rasa malu) adalah sebuah cabang dari iman.

seorang muslim adalah orang yang tidak merugikan muslim lainnya dengan lidah maupun kedua tangannya 

10. Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr ra : Nabi Muhammad saw pernah bersabda : seorang muslim adalah orang yang tidak merugikan muslim lainnya dengan lidah maupun dengan kedua tangannya. Dan seorang muhajir (orang yang berhijrah) adalah orang yang meninggalkan semua larangan Allah swt.

 Siapakah Muslim Yang Terbaik ?

11. Diriwayatkan dari Abu Musa ra : ada beberapa orang yang bertanya kepada Rasulullah : siapakan muslim yang paling baik ? Rasulullah saw menjawab : muslim yang tidak merugikan muslim lainnya dengan lidah maupun kedua tangannya.

Memberi Makan Orang Lain Adalah Bagian Dari Islam

12. Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr : seorang lak-laki bertanya kepada nabi Muhammad saw : apakah kebaikan di dalam islam itu ? nabi saw menjawab : memberi makan orang lain dan memberi salam kepada orang yang kau kenal maupun yang tidak kau kenal.

Menyayangi Seorang Muslim Seperti Halnya Menyayangi Diri Sendiri 

13. Diriwayatkan dari Anas ra : nabi Muhammad saw pernah bersabda : tidak ada seorangpun di antara kalian di pandang beriman sebelum dia menyeyangi saudaranya sesama muslim seperti hal nya ia menyayangi diri sendiri.

Mencintai Rasulullah Adalah Bagian Dari Iman 

14.  Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra :Rasulullah saw pernah bersabda : aku bersumpah atas nama dia yang menggenggam hidupku, tidak ada seorang pun diantara kalian di pandang beriman sebelum kecintaan nya terhadap diriku melebihhi kecintaan nya terhadap ayahnya dan anak-anak nya.


15.  Diriwayatkan dari Anas ra : Rasulullah pernah bersabda : aku bersumpah atas nama dia yang menggenggam hidupku, tidak ada seorang pun diantara kalian di pandang beriman sebelum kecintaan nya terhadap diriku melebihhi kecintaan nya terhadap ayahnya dan anak-anak nya dan seluruh manusia.

Kelezatan Iman

16. Diriwayatkan dari Anas ra : nabi Muhammad saw pernah bersabda : siapapun yang memiliki tiga kualitas berikut akan memperoleh kelezatan iman :
  1. orang yang mencintaih Allah Azza Wa Jalla dan Rasul nya (Muhammad saw) melebihi apapun.
  2. orang yang mencintai orang lain semata-mata karena Allah swt.
  3. orang yang membenci kekafiran sebagaimana ia membenci di masukkan ke api neraka.

Mencintai Kaum Anshar Sebagai Pertanda Keimanan 

17. Diriwayatkan dari Anas ra : nabi Muhammad saw pernah bersabda : mencintai anshar adalah pertanda keimanan dan membenci anshar adalah pertanda kemunafikan.

 

18.  Diriwayatkan dari Ubadah bin Ash-shamit ra : Rasulullah saw pernah bersabda di tengah kerumunan sahabatnya :  berikan baiat (janji) kalian kepadaku untuk :
  1. tidak mempersekutukan Allah swt.
  2. tidak mencuri
  3. tidak melakukan zina
  4. tidak membunuh anak-anak mu
  5. tidak memfitnah atau berdusta
  6. tidak meninggalkan perintah untuk melakukan perbuatan ma'ruf.
kemudia Rasulullah Saw menambahkan, siapapun yang memenuhi janjinya, Allah Azza Wa Jalla akan memberinya pahala dan siapapun yang melakukan erbuatan-perbuatan dosa ini, lalu ia memperoleh hukuman nya di dunia ini, maka hal itu merupakan penghapus baginya. jika seseorang melakukan perbuatan-perbuatan ini dan Allah Azza Wa Jalla menutupinya (perbuatannya), terserah kepadanya untuk menghukumnya atau memaafkan nya (di hari kiamat). maka kamipun membaiat nya atas dasar itu.

Menjauhi Berbagai Fitnah Adalah Bagian Dari Islam

19. Diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri ra : Rasulullah saw pernah bersabda di tengah kerumunan sahabatnya : akan datang suatu zaman harta yang paling baik bagi seorang muslim adalah seekor domba yang ia gembalakan di atas puncak gunung atau di lembah-lembah tempat hujan turun, sedangkan ia menjauhkan agamanya dari fitnah.


Subscribe to receive free email updates: